Home > Agama > Alam Hikmah | Media Dakwah dan Tempat Download Ilmu Hikmah

Alam Hikmah | Media Dakwah dan Tempat Download Ilmu Hikmah

Alam Hikmah | Media Dakwah dan Tempat Download Ilmu Hikmah

 

Alam Hikmah adalah sebuah blog yang baru saja diluncurkan, sebuah pengembangan dari blog yang bermula di Hikmah Sepanjang Masa. Jika di blog Hikmah Sepanjang Masa anda bisa membaca berbagai kajian hikmahhikmah yang ada, maka di blog Alam Hikmah anda di sajikan sebuah kajian tentang hikmahhikmah yang dikemas dalam format mp3. Anda bisa men-donwload-nya secara bebas dan gratis.

Alam Hikmah diluncurkan untuk menjawab berbagai tantangan yang semakin menggila di zaman yang serba instant ini. Kedahagaan umat masyarakat akan sentuhan-sentuhan rohani semakin diperlukan. Kemajuan dan perkembangan dunia yang begitu pesat tanpa diikuti dengan kecerdasan spiritual dapat menyebabkan kehancuran, bukan saja bagi diri pribadi itu tapi juga bagi seluruh umat masyarakat.

 

Sejak akhir abad 20, diberbagai kawasan mulai terjadi kebangkitan spiritual (spritual revival). Munculnya gerakan spiritual ini merupakan bentuk reaksi terhadap dunia modern yang lebih menekankan materiil-profan (keduniawian), sehingga manusia mengalami kedahagaan spiritual. Oleh karena itu, manusia ingin kembali menengok dimensi spiritual-nya yang selama ini dilupakan. Salah satu gerakan yang paling menonjol pada akhir abad 20 dan awal abad 21 adalah gerakan New Age Movement. Gerakan ini merupakan respon atas paradigma modernisme yang telah mengalami kegagalan. (Tasawuf Kultural: Fenomena Shalawat Wahidiyah, hal. 2)

 

Melihat fenomena di atas, maka sangat tepat sekali munculnya blog Alam Hikmah ini dan patut diapresiasi positif. Berikut ini  cuplikan dari salah satu artikel di blog Alam Hikmah:

 

Ada sebuah hikayah, seorang ulama yang bernama Imam Tsauri memiliki sebuah kebiasaan, setiap waktu sholat Jum’at beliau berkeliling dari masjid satu ke masjid lainnya, berharap beliau menemukan sesosok ulama yang dapat menghantarkan dirinya menuju wushul ma’rifat kepada Alloh SWT. Lama waktu berselang dalam pengembaraannya untuk mencari guru pembimbing rohani tersebut tidak kunjung berhasil. Akhirnya pada suatu waktu beliau bertemu dengan sosok ulama yang dicarinya itu. Pertama bersalaman ada suatu getaran yang sangat hebat sehingga membuat bulu kuduk Imam Tsauri berdiri dan tanpa sengaja air matanya berlinang membasahi pelupuk matanya, seakan jiwanya yang kering tersiram dengan tetesan air hikmah yang semula gersang tiba-tiba menyejukkan dan membuat dinginnya hati Imam Tsauri, sehingga beliau tidak ragu untuk mengikuti jejak ulama tersebut. Dalam pertanyaan kami apakah ada di akhir zaman sosok ulama tersebut yang menjadi Pintu Hadrotulloh menuju wushul kepada Alloh? Mari simak pembahasan kitab Al Hikam ini bersama-sama, mudah-mudahan menjadi suatu hikmah yang berarti dalam hidup kita. Selamat menikmati sajian yang kedua dari kami.

 

Itulah cuplikan dari blog Alam Hikmah sebuah Media Dakwah dan Tempat Download Ilmu Hikmah, silahkan mengunjunginya langsung di http://www.alamhikmah.org

  1. 9 July 2010 at 12:45

    makasih Mas bwat review blog alam hikmahnya

    mudah-mudahan blognya bisa manfaat bagi umat masyarakat.

    salam perjuangan selalu

    Fafirru Ilalloh

  2. itcompare
    18 July 2010 at 21:27

    wah kalo ini saya ga ngeeh… udah ga zaman beragama dengan ngelmu hikmah, ngelmu laduni atau ngelmu sebangsanya, baunya sufi banget, yang biasa-biasa aja gitu, jalankan syariat apa adanya dari qur’an dan sunnah, ma’rifat itu dengan takwa, takwa itu dengan menjalankan semua perintahNya berharap ampunan dan pahalaNya, takwa itu bersikap hati-hati dalam bertindak karena takut amalan itu salah dan dimurkaiNya. Waliyullah itu seperti Abu bakar as shidiq, umar bin khotob, usman bin affan , ali bin abi tholib, serta seperti para shahabat lainnya, mereka dekat sama Allah tapi keseharian mereka biasa saja, tidak berbeda dengan manusia lainnya, bekerja mencari nafkah, bergaul dengan istrinya, shalat jama’ah dimasjid, puasa, zakat, jihad, dan bercengkerama dengan masyarakat umumnya. Mereka tidak punya ilmu khusus, zikir khusus, suluk khusus, thariqoh khusus, mereka jalankan islam seperti kita jalan islam sehari-hari, hanya saja mereka amat takut pada Allah, suka beribadah ditengah malam, amanah, tawadhu’, qoana’ah walau mereka punya harta melimpah dan berkuasa atas manusia lainnya bahkan hingga ke kebenua eropa dan afrika.

    • 19 July 2010 at 17:37

      @itcompare terima kasih sudah comment disini… Perlu diketahui bahwasanya yang dimaksud ilmu hikmah disitu tidak ada hubungannya dengan hal-hal yang berbau ilmu tenaga dalam, mistis, ataupun supranatural.
      Dan maaf, sebelum kasih comment disini, anda sudah meluncur ke blog itu belum, dan sudah mendengarkan ceramah-ceramahnya apa belum ya??
      Kalau belum sebaiknya anda coba lihat saja dulu..
      Dan kalau anda kurang setuju, punya kritik, punya pertanyaan ataupun saran silahkan tinggalkan comment saja di blog tersebut..

  3. sangpenjelajahmalam
    7 August 2010 at 17:42

    salam kenal, terima kasih udah singgah ke blog saya..

  4. 24 March 2011 at 17:30

    Lintasberita bilang : salam kenal ya ! wah senang saya ngikutin blog2 yang berisi konten2 agama karena bisa menambah ilmu agama saya..jika berkenan untuk bertukar link saya sangat senang sekali biar lebih enak untuk saling bersilahturahmi.

    • 26 March 2011 at 16:28

      Terima kasih atas kunjungannya, segera saya pasang link anda…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: